Tips Membasmi Semut

Posted by

Semut api merah atau sering juga disebut dengan semut merah atau semut api tidak hanya menyebalkan, akan tetapi juga berbahaya bagi manusia khususnya anak anak dan binatang peliharaan.

Semut api merupakan masalah di bagian dunia mana pun, dan bisa menyusup baik di luar maupun dalam ruangan dan mengganggu aktivitas dan keseharian anda . 

Berikut adalah beberapa cara dan tips untuk anda jika ingin membasmi semut api, baik di dalam maupun di luar rumah :

Mencari semut beserta sarangnya, dan menjaga anggota keluarga dan binatang peliharaan untuk tidak memasuki area tersebut, karena semut api sangat agresif dan akan menyerang manusia dan binatang. Cari di mana pintu masuk semut dalam rumah, sehingga anda bisa menutupnya. Cegah anggota keluarga, termasuk binatang peliharaan, untuk mengakses area ini. Gunakanlah insektisida khusus untuk membunuh semut langsung. atau gunakan produk kapur anti semut dan kecoa pada setiap titik jalur masuk semut serta pada jejaknya.

Perlu di ingat bahwa beberapa produk komersial mengandung bahan kimia beracun yang berbahaya bagi manusia, binatang peliharaan, dan lingkungan. Jika memungkinkan, belilah produk yang ramah lingkungan. Lihat Cara Organik Mengontrol Semut Api untuk Mengontrol Semut Api,  Uji produk pada kain, kayu, dsb. terlebih dahulu. Sebagian produk bisa meninggalkan noda atau merusak permukaan. Jangan menggunakan umpan luar ruangan, karena hal ini akan menarik lebih banyak semut ke dalam rumah.

Cari sarang semut di luar rumah, karena masalah tidak akan selesai sampai Anda memberantas koloninya, cari koloni semut (lihat dari sarangnya yang mudah terlihat), dan segera batasi area ini. Anda harus memastikan bahwa anggota keluarga, termasuk binatang peliharaan, tidak mengakses area ini karena lebih besarnya kemungkinan tergigit jika berada di sekitar sarang. Ingatlah untuk memeriksa semak-semak, pipa, sisi jalan, karena biasanya sarang semut terletak dekat dengan bangunan. atasi koloni semut dengan mengumpan atau menghabisi sarangnya. Anda bisa menggunakan insektisida, atau untuk kasus yang lebih parah, belilah produk dari ahlinya. 

Untuk hasil yang cepat, gunakan insektisida yang bisa larut dalam air (ikuti petunjuk pemakaian pada produk), dan basahi sarang semut dengan produk tersebut. Anda juga bisa menggunakan insektisida butiran yang bisa digunakan dengan air. Insektisida jenis ini membunuh semut yang berada di bawah tanah, Anda juga harus menggunakan 4-8 liter insektisida pada setiap sarang untuk membunuh semua koloni. Pastikan Anda mengenakan sarung tangan untuk menghindari luka bakar kimia. Ikuti petunjuk pada label insektisida. Jika Anda tidak menggunakan cukup air, semut-semut tidak akan dapat dibasmi; mereka hanya akan berpindah sarang.

Jika masalah semut api tidak terlalu mendesak, Anda bisa menggunakan umpan untuk mengontrol koloni walaupun sarangnya tidak terlihat; namun hal ini akan membutuhkan beberapa minggu untuk melihat hasilnya. Gunakan umpan ke permukaan tanah jika kemungkinan tidak turun hujan dalam kurun 24 jam ke depan

Gunakan umpan ketika para semut pekerja sedang mencari makan. Untuk mengetahui kapan waktunya, tinggalkan sepotong makanan di dekat sarang. Jika Anda melihat semut-semut mengerubungi makanan dalam 10-30 menit, mulailah gunakan umpan.
Selalu ikuti petunjuk pada kemasan produk. Ingatlah bahwa Anda perlu 5-10 minggu untuk melihat hasilnya; cara ini bisa berlangsung sampai setahun dan merupakan pembasmian cara panjang untuk mengontrol semut api.


Blog, Updated at: 6:46 AM

0 comments:

Post a Comment