Cerita Koloni Semut

Posted by

Semut adalah termasuk hewan serangga kecil dan lemah di mata manusia. Namun uniknya semut adalah salah satu binatang yang terkuat didunia baik secara fisik maupun mental, ketika kita melihat kenyataan bahwa semut termasuk salah satu binatang yang dapat survive di tengah seleksi alam yang terus terjadi.

Tidak ada yang memungkiri bahwa itu semua karena semut adalah jenis hewan serangga yang hidupnya selalu berkoloni. Kehidupan berkoloninya bahkan berhasil menguasai dan memakai sebuah daerah yang cukup luas untuk mendukung kegiatan mereka.

Semut telah menguasai hampir seluruh bagian tanah di Bumi kecuali beberapa tempat seperti di Islandia, Greenland dan Hawaii, mereka tidak menguasai daerah tersebut.


Kehidupan koloni semut dapat dicirikan dari perilakunya yang selalu menyempatkan diri untuk saling bersentuhan saat bertemu dengan sesamanya, mungkin dalam dunia manusia kegiatan seperti itu biasa kita sebut bersalaman Sesungguhnya mereka bukanlah bersalaman, melainkan saling menyentuh antena sebagai cara mereka berkomunikasi. Semut akan memberitahu semut lainnya apabila disuatu tempat terdapat makanan.

Ciri lainnya adalah ketika kita melihat sarang semut yang  biasa berada di dalam tanah atau tembok-tembok yang lapuk, kita akan bedecak kagum dan memuji Sang Pencipta karena begitu tertata dengan baiknya sarang itu. Menurut penelitian, sarang semut mempunyai banyak ruang dan terowongan serta memiliki berbagai fungsi. Ada sarang yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan telur, kepompong atau larva, juga tempat tinggal Sang Ratu Semut, gudang makanan, bahkan ada ruangan khusus untuk menyimpan sampah.

Dan dalam setiap koloni juga sudah memiliki pembagian tugas masing-masing, ada yang bertugas menjaga tiap ruangan. Selain itu, ada juga semut yang bertugas mencari dan mengumpulkan makanan serta membuat ruangan baru. Tentunya semua hal tersebut tidak mungkin dilakukan dengan sendirian saja.
Selain kehebatan dan segala kelebihan mereka saat berkoloni, semut juga memiliki berbagai kelebihan dari segi individunya. Kita mengenal semut dari berbagai kisah, dongeng cerita dari film dan bahkan dari Al Qur’an yang, baik secara langsung maupun tidak langsung, mengisyaratkan bahwa semut adalah hewan pekerja yang ulet. 

Dari bagian tubuhnya, semut merupakan jenis hewan yang memiliki antena sehingga mampu membaui sesuatu dari jarak yang cukup jauh. Dengan begitu, ia dapat mengetahui di mana tempat makananya berada. Kemudian ia akan menginformasikan temuannya tersebut kepada teman-temannya. Dan lagi-lagi ia tidak melupakan keunggulan utamanya yaitu dalam hal kerja sama, bahkan ketika menemukan makanan yang terlalu besar atau berat bagi dirnya sendiri, mereka juga siap untuk mengangkutnya secara gotong royong.


Blog, Updated at: 7:11 AM

0 comments:

Post a Comment