Negara Luksemburg

Posted by

Luksemburg / Luxemburg atau nama secara resminya Keharyapatihan Luksemburg adalah sebuah negara yang tidak berbatasan dengan laut di Eropa bagian barat laut, ianya berbatasan dengan Perancis (panjang 73 km), Jerman (panjang 138 km) dan Belgia (panjang 48 km) adalah merupakan sebuah negara dengan luas 2.586 kilometer.

Great_coat_of_arms_of_Luxembourg
Luxembourg adalah salah satu negara terkecil di Eropa. Dia berada pada peringkat ke - 167 dalam ukurannya dibandingkan negara - negara lainnya. Negara ini memiliki luas sekitar 2.586 km². Luxembourg berbatasan dengan provinsi Luxembourg milik Belgia di sebelah barat, yang luasnya sebesar 4.443 km², hampir dua kali luas negara ini. Di utara, bagian - bagian dari Ardennes, berbukit-bukit dan gunung-gunung dengan ketinggian rendah, dengan Buurgplaatz sebagai titik tertinggi pada 559 m. Bagian lain dari negara ini juga berbukit-bukit.

Ekonomi yang stabil dan berpendapatan tinggi mencirikan pertumbuhan yang moderat, inflasi rendah, dan tingkat pengangguran yang rendah pula. Sektor industri, yang hingga belakangan ini didominasi oleh baja, kini semakin beranekaragam dan mencakup pula kimia, karet, dan produk-produk lainnya. Dalam beberapa dasawarsa terakhir, pertumbuhan dalam sektor finansial telah lebih dari menggantikan penurunan dalam baja. 

Sektor jasa, khususnya perbankan, menyumbangkan proporsi yang bertumbuh dari ekonomi. Agrikultur didasarkan pada pertanian kecil yang dimiliki keluarga-keluarga. Luxemburg secara khusus mempunyai hubungan dagang dan finansial yang erat dengan Belgia dan Belanda, dan sebagai anggota Uni Eropa juga menikmati keuntungan - keuntungan dari pasar Eropa yang terbuka.

Luxembourg memiliki PDB per kapita tertinggi di dunia, sebesar US$87.955 (2005). Tingkat pengangguran 4,4% dari seluruh angkatan kerja pada Juli 2005.

Situasi bahasa di Luxemburg dicirikan oleh praktik dan pengakuan terhadap empat bahasa resmi: bahasa Perancis, Jerman, Belanda dan Luxemburg, sebuah bahasa Franconi dari wilayah Moselle yang mirip dengan bahasa Jerman. Sekitar 10% penduduknya adalah keturunan Portugis dan menuturkan bahasa Portugis.

87% dari penduduk Luksemburg beragama Katolik Roma dan sisanya 13% adalah Protestan, Yahudi, dan Islam.


Blog, Updated at: 5:27 AM

0 comments:

Post a Comment