Berhenti Menyalahkan Keadaan

Posted by

Mengeluh dan menyalahkan keadaan adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang, hal ini telah menjadi suatu kebiasaan. Apalagi disaat sekarang ini kita bisa dengan leluasanya menggunakan Jejaring Sosial untuk berkeluh kesah. Kalau kita termasuk orang yang suka mengeluh maka ketahuilah bahwa kebiasaan mengeluh tidak akan membuat situasi yang kita hadapi menjadi lebih baik, malahan hanya akan menguras energi pikiran Anda dan menciptakan perasaan dan pikiran negatif yang bisa melemahkan hati dan pikiran kita.

Coba tanyakan diri Anda apabila seandainya, Anda memiliki dua orang teman, yang pertama selalu mengucapkan kata2 positif dan yang kedua selalu mengeluh, menggerutu, menyalahkan orang lain dan keadaan. Anda akan lebih senang berhubungan dengan yang mana? Saya yakin jawaban Anda adalah teman yang pertama, karena pada dasarnya semua orang senang berhubungan dengan orang orang positif yang kata-katanya membangun, menghibur, menguatkan.

Coba pikir.. mengapa kita harus mengeluh, menggerutu, menyalahkan keadaan dan org lain atas sesuatu yang menimpa hidup kita ? Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dgn harapan atau keinginan kita. Dan Anda perlu sadari bahwa hal ini akan terjadi hampir setiap hari dalam kehidupan yaitu kenyataan yang terjadi seringkali tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Cara mengatasinya sebenarnya mudah kita hanya perlu belajar bersyukur dalam segala keadaan yang kita hadapi. Sebagai contoh, jika Anda sering mengeluh dengan pekerjaan Anda, Anda perlu tahu berapa banyak jumlah pengangguran yang ada di Indonesia saat ini? Menurut informasi, hampir 60% orang pada usia kerja produktif tidak punya pekerjaan, jadi bersyukurlah Anda masih memiliki pekerjaan dan penghasilan.

Percayalah bahwa di balik semua hal yang kita sering keluhkan pasti ada hal yang dapat kita syukuri. Para ahli psikologi mengatakan "Sikap bersyukur adalah emosi yang tersehat". Seorang pakar stress bernama Hans Seyle juga berkata, "Sikap bersyukur menghasilkan energi emosional lebih daripada sikap yang lain dalam hidup ini".

Yang menarik adalah Anda selalu dapat memilih dalam setiap kejadian yang dihadapi apakah Anda akan mengeluh atau bersyukur.


Blog, Updated at: 2:22 PM

0 comments:

Post a Comment